Info

Menilik Peran Dosen Pembimbing Skripsi Mahasiswa

31/01/2020
mahasiswa dan dosen skripsi

Sebagai dosen, salah satu tugas yang diemban dalam hal pengajaran adalah memberikan bimingan kepada mahasiswa agar bisa menyelesaikan skripsi atau tugas akhirnya.

Secara teknis, setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk bisa menentukan siapa Dosen pembimbingnya yang didahului dengan penyerahan proposal lewat sidang uji proposal.

Karena melalui sidang proposal tesebut, dapat dinilai seberapa layak seorang mahasiswa dalam melanjutkan tugas akhirnya tersebut, dilihat dari aspek penguasaan amteri, style mahasiswa, kesesuaian dengan bidang dan ketersediaan dosen pembimbingnya.

Akan lebih baik sebenarnya jika seorang mahasiswa sudah mulai membuat tema skripsi menjelang semeter akhir studinya (sekitar semester 6 atau 7) dengan begitu bisa memiliki start lebih dulu dibandingkan yang belum mengambil tema.

Nah, dari sisi seorang dosen pembimbing skripsi setidaknya ada beberapa manfaat yang diperoleh selama proses membimbing mahasiswa nya:

#1. Update ilmu

Secara tidak langsung ilmu dosen bisa bertambah sering dengan ilmu baru atas khasanah ilmu yang diperoleh mahasiswa. Oleh sebab seorang mahasiswa bisa lebih banyak menggali ilmu dari beragam sumber informasi sehingga dengan begitu dosen juga bisa mengudapte ilmu sekiranya ada yang terkini.

Dekat dengan mahasiswa bimbingan

Hal tersebut diperoleh apabila mahasiswa yang dibimbing semakin sering datang konsultasi mengenai skripsinya mulai dari bab 1, 2, 3 dan seterusnya yang menjadikan ada sinergi baik antara dosen dan mahasiswa bimbingannya.

Tak jarang seorang mahasiswa “suka” membawakan makanan atau sejenisnya agar semakin dilancarkan proses nya yang menurut saya wajar selama dalam batas normal.

Hal yang diperhatikan dalam pembahasan poin ini adalah dengan kedekatan sinergi tersebut bakal membuat kualitas hasil penelitian jadi baik.

#2. Tahu kesiapan mahasiswa yang dibimbing

Dosen pembimbing ibarat seorang pengacara (penasehat hukum) yang selalu diandalkan mahasiswa bimbingannya untuk hadir di acara sidang skripsi.

Pasalnya seorang mahasiswa harus mempertanggungjawabkan hasil penelitian tugas akhirnya tersebut dengan menjawab pertanyaan dari dosen penguji praktisi yang khusus dipanggil untuk menguji.

Maka itu dengan kehadiran dosen pembiming akan sangat membantu mental mahasiswa secara psikis karena setidaknya bisa meluruskan pertanyaan yang dilemparkan oleh dosen penguji lainnya.

Selain itu, biasanya seorang dosen pembimbing juga memahami kondisi dan kesiapan bimbingannya agar bisa siap, gak grogi dan memiliki kepercayaan diri dalam mempertanggungjawabkan skripsinya.

#3. Lebih dihargai mahasiswa

Melalui model bimbingan yang dilakukan oleh dosen, maka secara psikologis mahasiswa lambat laun akan lebih menghargai mahasiswa, apalagi jika sebagai dosen pembimbing lebih banyak menyempatkan waktu dalam membimbing yang memang jadi salah satu tugas utamanya.

Sebagai seorang dosen tentunya memiliki kewajiban untuk bisa mengayomi mahasiswa yang dibimbing dalam batas kewajaran agar dapat menyelesaikan skripsi secara optimal.

Terlebih apabila seorang dosesn pembiming skripsi bisa menjawab segala permasalahan dari mahasiswa, maka tentunya bakal menjadi solusi bagi mereka jika menemui masalah dalam proses pengerjaan tugas akhir,

#4. Bisa berkolaborasi bersama

Seringkali dari pengalaman membimbing mahasiswa skripsi bisa menjadi tim bersama di proyek yang dikerjakan. Dengan begitu niscaya akan terjadi skema penelitian yang memiliki mutu hasil baik serta bernilai ekonomis.

Tak jarang pula dari hasil proyek bersama penelitian tersebut bisa mendapatkan dana dari pemerintah, khususnya kemenristekdikti sehingga mendorong penelitian lanjutan jika dimungkinkan untuk bisa memperoleh kualitas hasil yang semakin optimal.

Yah, kira-kira begitulah pendapat saya mengenai beberapa hal yang akan dirasakan seorang dosen pembimbing tatkala membantu mahasiswa bimibngannya dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Btw sudah tahu belum kalau seorang dosen juga berhak merawat wajahnya?

pengalaman

Manfaat Sabun Nu Amoorea Begini Rasanya

02/12/2019
manfaat sabun nu amoorea

Sebagai seorang pengajar di salah satu universitas saya tentunya memiliki waktu yang bisa dikatakan cukup padat. Mulai dari mengajar sendiri, kemudian ada meeting, belum jika pihak kampus membuat event dll.

Hal tersebut berdampak pada kurangnya waktu bagi saya untuk merawat salah satu bagian tubuh yang sepatutnya perlu dijaga sejak dini, yaitu wajah.

Memang sih, saya juga gak lalai sekali dalam merawat wajah dengan rajin menggunakan pembersih toner, dan makeup tipis-tipis saja membuat wajah tidak terlalu berat “menanggung beban” meregenerasi kesehatan kulit.

Awal Mula Tahu Nu Amoorea

Semua berawal dari sebuah timeline salah satu akun yang berteman dengan saya di Facebook, dia mengunggah mengenai produk Amoorea yang berupa sabun dan baik untuk mengembalikan kesehatan kulit wajah secara alami.

Saat itu saya melihat ada foto testimoni yang disertakan dimana cukup banyak pengalaman positif yang diperoleh para penggunanya.

Dan saya mulai tertarik..

Btw karena orang yang membagikan status tersebut saya gak kenal banget orangnya, padahal kepo ingin menanyakan jadilah saya mencari di Google informasi mengenai sabun Amoorea ini.

Pada akhirnya saya tertarik dengan salah satu website yang cukup lengkap informasinya mengenai Nu Amoorea, dan saya menyimak dan menelusuri setiap informasi di situs tersebut.

Singkat cerita, setelah puas membaca informasinya dan menghubungi kak Maggie via WA chat yang disediakan Amooreaglobal.com maka saya putuskan untuk coba 1 Box dulu.

Pada waktu itu langsung ditawarkan jadi member sih oleh kak Maggie, tapi saya bilang kalo cocok pasti pembelian selanjutnya bakal jadi member.

Sedikit Informasi Sabun Amoorea

Kalo dari kacamata saya, produk Nu Amoorea ini menyasar pada para wanita (termasuk saya) yang makin banyak mulai beralih dari penggunaan Skincare ke produk yang berbahan dasar alami guna mengatasi masalah kulitnya.

Dengan menonjolkan khasiat yang dapat mengurangi bekas jerawat bandel, menyamakan penuaan dini, mencerahkan wajah sampai menghilangkan mata panda tentunya menjadi keunggulan kompetitif sendiri bagi Amoorea sabun herbal.

manfaat sabun amoorea

Selain itu sabun Nu Amoorea ini bisa diaplikasikan selain ke kulit wajah, katakanlah rambut, leher, tangan kaki dll guna merawat kulit masing-masing bagian tubuh tersebut.

Pihak produsen Amoorea yang setelah saya konfirmasi kan ke kak Maggie bernama PT DEP benar-benar nyemplungin bahan berkualitas, karena saya sudah sempat cari informasi sebelumnya di Google.

Ini dia beberapa bahan alami yang terkandung di dalamnya:

  1. Heilmoor clay

Sebagai bahan penyusun utama yang menjadi andalan produsennya. Berupa endapan tanah liat dari daerah pegunungan Austria yang kaya sekali dengan nutrisi baik untuk mengembalikan kesehatan kulit.

  1. Tea tree oil

Bahan yang satu ini memang sudah saya tahu lama memiliki fungsi untuk meredakan jerawat yang sedang meradang merah.

  1. Ekstrak licorice

Nama lain dari akar manis yang aslinya dari tanah Mediterania ini kabarnya memiliki kemampuan alami untuk bantu mengatasi pelbagai problem kulit seperti jerawat, komedo, flek dll.

  1. Hydration microalagae

Merupakan gabungan kolaborasi antara Haematococcus pluvalis dengan ekstrak ganggang Chlorella yang bekerja sama untuk menangkal radikal bebas sekaligus merawat sel kulit wajah dari dalam.

Bagaimana Manfaat Nu Amoorea Buat Saya?

Nah, dengan beberapa kandungan alami tersebut mampu meyakinkan saya menggunakan produk Nu Amoorea yang berupa sabun ini untuk bantu merawat kulit terutama di wajah.

Oh ya, hampir lupa mau bilang kalo sabun herbal ini juga katanya aman untuk segala usia dan kalangan karena fungsinya untuk mengembalikan kesehatan kulit maka prosesnya bisa beragam bagi setiap orang.

Kalo dari pengalaman saya yang wajahnya memang tidak pernah sama sekali kena makeup berat, krim racik Skincare dll maka dikatakan hasilnya akan lebih cepat dibandingkan orang yang punya riwayat penggunaan produk lain sebelumnya.

Hasilnya memang terbukti.. Wajah saya jadi lebih sehat kulitnya, lebih cerah lagi dan tentu saja tidak melewati sebuah proses yang namanya detoks, seperti dikatakan oleh kak Maggie jika detox biasanya muncul ke mereka yang punya riwayat Skincare atau makeup berat.

Karena itulah saya merasa cocok dan terus menggunakan produk Nu Amoorea sampai sekarang bahkan nambah ke varian produk lain, seperti toner dan serum vitamin C

Nah itulah pengalaman saya menggunakan Nu Amoorea yang benar-benar menjadikan kulit wajah jadi semakin kinclong dan sehat, hehe..

Sebelum Beli Sabun Amoorea…

Sekedar saran dari saya kalau benar-benar mau menggunakan nih Nu Amoorea produk pastikan untuk membelinya di agen resmi PT DEP, kalau saya sih karena sudah cocok dan sering konsultasi sama kak Maggie belinya di www.AmooreaGlobal.com.

Rekomended lah, mengingat banyaknya produk palsu di pasaran yang kerap ditawarkan dengan harga miring dari aslinya.

Jangan sekali-kali mempertaruhkan kesehatan kulit kamu jika pakai produk Nu Amoorea palsu karena tergiur harga murah.

Info

Strategi Jitu Memperoleh Beasiswa Kuliah

21/11/2019
strategi memperoleh beasiswa

Beasiswa kuliah semakin banyak yang mencari terutama semenjak biaya berkuliah semakin melonjak tinggi karena adanya inflasi sehingga menjadi momok tersendiri baik bagi calon mahasiswa atau orang tua.

Hal tersebut karena dengan program beasiswa maka biaya kuliah hingga lulus sidang skripsi bisa tercover sebagian atau seluruhnya sesuai dengan kebijakan masing-masing penyelenggara.

Maka tak heran kalo semakin banyak peminat yang berarti tingkat persaingan pun makin ketat. Namun demikian, supaya bisa lebih lancar dalam mencari saya akan bagikan 3 hal bagaimana memperoleh beasiswa kuliah.

Sebelum lebih jauh perlu kami ketahui setidaknya ada 3 sumber institusi program beasiswa ini, yakni  universitas, swasta dan terakhir pemerintah.

Untuk beasiswa yang berasal dari universitas pada prinsipnya ditujukan khusus bagi mahasiswa yang terdaftar di kampus tersebut.

Dalam perolehan beasiswa kamu perlu memenuhi standar kualifikasi nilai yang sudah diatur oleh pihak universitas dan jika sudah memenuhi bisa menghubungi TU untuk infirmasi selengkapnya mengenai program beasiswa kuliah.

Kemudian program dari swasta yang tentunya dibutuhkan kejelian dalam mencari informasi tersebut karena masing-masing memiliki kebijakan sendiri.

Namun kamu gak usah khawatir, terutama jika kemampuan akademis mu sangat mumpuni jangan malu untuk datang ketuk pintu di perusahaan.

Sebab setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk menyiapkan dana CSR (Coorporate Social Responsibility) yang dipergunakan untuk membantu daerah sekitarnya, dan bisa jadi salah satunya adalah program beasiswa.

Yang ketiga adalah beasiswa langsung dari pemerintah, yang biasanya ditujukan bagi kamu dengan prestasi non akademik, seperti olahraga.

Jadi semisal kamu pernah mewakili daerah sebagai atlet atau bahkan timas dalam mewakili negara di kompetisi tingkat dunia kemungkinan besar akan mudah memperoleh beasiswa khusus presatasi non akademik ini.

Selain itu, pemerintah juga menyelenggaakan beasiswa bagi mereka yang memiliki keterbatasan di fisik tapi punya kemampuan akdemik yang mumpuni, atau bisa juga mereka yang akademis cemerlang namun tinggal di daerah terpencil.

Salanjutnya setelah kamu tahu 3 sumber beasiswa tersebut diatas saya akan lanjutkan mengenai bagaimana cara memperoleh beasiswa kuliah yang jitu.

Langkah pertama, melihat peluang yang ada dengan jeli. Semisal nih, kamu tuh seorang atlet berprestasi yang sudah berpengalaman mewakili daerahmu di ajang nasional atau bahkan bergabung dalam timnas yang membawa nama Indonesia di kancah internasional.

Nah, jika kamu punya medali, langsung saja ajukan beasiswa ke pemerintah atau coba juga ke pihak swasta yang membuka program tersebut.

Cara seperti ini sering banget digunakan oleh para pelajar yang berprestasi di bidang olahraga supaya memperoleh beasiswa. Intinya, seorang atlit dengan potensi bakat olahraga berhak dapat beasiswa dari pemerintah.

Langkah kedua, adalah memenuhi standar akademis yang disyaratkan. Untuk hal ini kamu harus memberikan yang terbaik dalam bidang akademis, jangan setengah-setengah karena saingan mu diluar sana sangat banyak.

Maka itu jangan terlena dengan perolehan nilai yang bagus, karena masih bisa diupayakan jadi sempurna bukan. Teruslah belajar untuk mewujudkan hal tersebut.

info beasiswa di internet

Untuk langkah terakhir ini adalah dengan menggunakan internet yang berada dalam genggamanmu, alias handphone. Jaman sekarang semakin mudah mengakses arus informasi termasuk program beasiswa kuliah.

Teruslah update informasi mengenai beasiswa ini, kalo bisa jangan sampai terlewat satupun penawaran beasiswa potensial yang bisa kamu capai. Karena sekalinya terlewat akibat kelalaian sendiri malas mencari tahu, hasilnya akan nyesek. Bener gak?

Semoga informasi cara medanapatkan beasiswa kuliah yang jitu ini bisa bermanfaat bagimu ya, selamat mencoba dan jangan menyerah hingga cita-citamu tercapai!

Info

Cara Ampuh Mendapatkan Beasiswa S1 yang Oke

02/10/2019
informasi beasiswa s1

Kalo kamu berniat lanjut studi ke jenjang perkuliahan namun memiliki kendala dalam hal biaya, tentunya salah satu solusi ampuh adalah memanfaatkan beasiswa S1.

Hal tersebut bisa menjadi jawaban sekaligus harapan untuk mewujudkan cita-cita mu selepas lulus dari sekolah. Kalau tertarik untuk mencoba, silahkan baca beberapa tips di artikel ini, ok!

Gratis Kuliah dengan Beasiswa, Begini caranya!

Dengan biaya kuliah yang semakin tinggi maka semakin banyak orang tua pula yang wajib berpikir keras untuk bisa menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Maka dari itu, hadirnya program beasiswa sangat membantu bagi mereka yang mengalami kendala seperti itu, walaupun demikian untuk bisa memperolehnya harus memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dan harus bersaing dengan peminat beasiswa lainnya.

Nah, untuk mencari informasi beasiswa tentunya didahului dengan mencari referensi, kemudian melakukan persiapan yang matang sehingga kesempatan beasiswa yang tidak datang dua kali bisa dimanfaatkan secara maksimal. Begini caranya:

#1. Cari Info Beasiswa Sebanyak-Banyaknya

Carilah info yang sebanyak-banyaknya kami bisa peroleh, dan jangan lupa membuat catatan kecil perihal jenis beasiswa apa yang ingin dicari kemudian tujuan dari perolehan nya.

Sebagai contoh apakah mau kuliah di luar negeri atau dalam negeri, lanjut kerja atau alasan lainnya yang disesuaikan dengan kemampuanmu sendiri.

Mencari informasi mengenai beasiswa bisa kamu peroleh di beberapa tempat, seperti sudah saya buatkan artikel disini LINKLINK

#2. Lengkapi CV dengan Informasi Positif

Dalam memperbesar kesempatan agar beasiswa yang kamu lampirkan berhasil jangan lupa untuk membuatt CV menarik serta dilengkapi dengan pengalaman mumpuni yang kamu miliki.

Sebagai contoh, keaktifan berorganisasi, pengalaman dalam membuka usaha dan prestasi lainnya yang  pernah kamu capai agar portfolio tersebut jadi nilai plus tersendiri.

#3. Wajib Fasih Bahasa Inggris

Menguasai bahasa Inggris di jaman sekarang sudah merupakan ketrampilan yang wajib kamu miliki, terutama kalau pengen melanjutkan studi ke luar negeri.

Kemampuan bahasa Inggris tersebut biasanya diukur melalui hasil TOEFL yang mana setidaknya kamu perlu memiliki skor TOEFL 450-500.

#4. Melengkapi Persyaratan

Selanjutnya dari sekian banyak informasi mengenai beasiswa S1 yang sudah terkumpulkan, cobalah kamu memperhatikan dengan seksama masing-masing berikut persyaratannya.

Jangan sampai ada yang terlewat dan seluruh berkas harus disusun dengan lengkap dan sebaik-baiknya. Dengan begitu, tim penilai beasiswa akan mendapat kesan dari pribadimu yang bersungguh-sungguh mengejar cita-cita lewat program beasiswa.

#5. Bangun Profesionalitas

Di era informasi yang semakin terbuka ini bukanlah tidak mungkin tim penilai seleksi beasiswa akan lebih jauh menggali tentang profil dirimu terutama lewat internet.

Caranya dengan melihat akun meda sosial yang kamu miliki, seperti (Twitter/ Instagram/ Facebook). Maka itu dalam hal membagi konten di sosial media juga perlu diperhatikan yang baik agar tidak menjadi “batu sandungan” dari penilaian negatif akibat berbagi konten negatif.

Selain itu dari alamat email juga sangat disarankan tidak menggunakan bahasa alay karena dengan begitu akan berkesan tidak profesional.

#6. Menyiapkan Diri Menghadapi Seleksi

Biasanya setelah lolos tes administrasi yang berarti berkas pendaftaran sudah qualified, selanjutnya kamu akan mengikuti serangkaian seleksi lainnya.

Seleksi lanjuta tersebut biasanya berupa tes tertulis hingga wawancara, setiap penyelenggara beasiswa memiliki kebijakan masing-masing.

Sebelum hari H menghadapi tes, siapkan diri kami sebaik-baiknya ya baik mental mapun fisik karena kamu harus tampil terbaik dalam tes tersebut.

Baik dari pakaian yang rapi serta formal hingga sikap dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh tim penguji ketika wawancara.

#7. Berdoalah

Hal terbaik yang dilakukan setelah memastikan persiapan diatas sudah kamu lakukan adalah berdoa. Karena semua usaha yang sudah diterapkan secara maksimal wajib diiringi dengan doa sekaligus restu dari orang tuamu.

Apapun hasilnya, yakinlah bahwa semua itu sudah jawaban terbaik yang kamu terima saat ini, apabila masih gagal janganlah patah arang dalam mencari info beasiswa S1 tersebut karena peluang akan selalu ada bagi mereka yang terus berusaha dan berdoa.

Info

Cara Mencari Informasi Mengenai Beasiswa yang Direkomendasikan

20/08/2019
cara mencari beasiswa

Beasiswa memang diperuntukkan untuk memberikan kemudahan bagi para pelajar ataupun mahasiswa apapun keadaan mereka, selama memiliki prestasi tentunya sangat mudah mendapatkan beasiswa ini.

Namun demikian, tidak berarti bahwa kamu serta merta memperoleh beasiswa dengan berharap jatuh dari langit. Karena beasiswa ini juga bakalan diperoleh oleh mereka yang selalu rajin dan update dalam mencari tahu seputar informasinya ke berbagai tempat.

Jadi intinya, jika gak ada usaha dalam mencari informasi beasiswa, bagaimana cara bisa memperoleh beasiswa. Masuk akal bukan?

Nah, bagi kamu yang masih awam sekali mengenai pencarian info program beasiswa ini tak perlu bingung dan susah karena akan saya bagikan beberapa tempat dimana informasi mengenai beasiswa bisa diperoleh.

Dan perlu diingat, kalau kamu bersungguh-sungguh mencari tentu akan bisa mendapatkannya di tempat-tempat semisal:

#1. Guru BK

Bagi kamu yang masih pelajar di sekolah, keberadaan guru BK selain untuk berkonsultasi masalah jurusan kuliah juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh informasi sekitar beasiswa S1 loh.

Karena itu, jika punya waktu luang di kala istirahat sempatkanlah untuk bertandang ke ruangan guru BK dan menanyakan informasi mengenai program beasiswa untuk kuliah.

Jangan lupa untuk menanyakan sesuai dengan etika dan norma kesopanan ya!

#2. Sub bagian akademik kampus

Bagi para mahasiswa, bagian akademik di kampus merupakan tempat yang paling ideal untuk mencari tahu segala informasi mengenai program beasiswa, mulai dari internal, pemerintah hingga beasiswa dari perusahaan yang memiliki relasi dengan kampus mu.

Jika kamu datang dengan baik dan terlihat ada kesungguhan niat dalam mencari program beasiswa tentuya para staf di sub bagian akademik tersebut akan senang hati berbagi informasi nya.

#3. Mading sekolah atau kampus

Walaupun mading kesannya jadul banget di era informasi seperti ini namun tentunya masih sangat efektif sebagai wadah komunikasi primer di lingkungan akademik kampus atau sekolah.

Jadi kalau kamu sudah benar-benar niat mencari beasiswa mulailah telusuri mading yang biasanya diletakkan pada titik-titik strategis di kampus atau sekolahmu. Luangkan waktu sebentar untuk rajin melihatnya ya!

#4. Kedutaan besar negara asing

Untuk yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang pengen lanjut kuliah ke luar negeri. Pasalnya di tempat ini paling update mengenai informasi seputar beasiswa.

Kalo kamu masih berpikir datang ke kedutaan besar masih harus datang ke lokasinya langsung berarti kamu masih belum sadar internet, hehe..

Karena dari banyaknya kedutaan besar tersebut tentunya memiliki website resmi yang bisa kamu kunjungi secara online.

Jadi kalo punya gadget bagus daripada cuman buat maen game atau kegiatan lain yang tidak mendukung akademikmu, gunakanlah untuk hunting informasi beasiswa.

#5. Program CSR perusahaan

CSR yang kependekan dari Corporate Social Responsibility ini biasanya dibuka oleh perusahaan-perusahaan bonafide yang menggelar bantuan sebagai bagian tanggung jawab terhadap lingkungan di sekitarnya.

Kamu juga bisa banget untuk menelusuri informasi dari perusahaan tersebut mengenai program beasiswa sebagai implementasi dari CSR nya.

Btw, yang perlu kamu tahu bahwa ada beberapa perusahaan yang memberikan bantuan dalam bentuk prestasi non akademik, seperti olahraga maupun lomba-lomba business plan.

Tapi tentu saja ada yang membuka program beasiswa akademik, dimana nanti setelah lulus memiliki kewajiban bekerja di perusahaan tersebut.

Nah itulah tadi beberapa tempat rekomendasi yang bisa saya bagikan di artikel ini, sebenarnya masih banyak lagi seperti pameran pendidikan dll, tapi saya pikir dengan kemajuan era teknologi sekarang hal yang lebih mudah adalah melalui internet.

Tentu saja dengan kemudahan pencarian melalui internet dan alternatif beberapa tempat diatas kalau kamu rajin untuk berusaha mencari tahu, niscaya akan mendapatkan informasi program beasiswa yang kamu idam-idamkan. Semoga sukses ya!